Ternyata Ini Cara Menghasilkan Untung Banyak Dari Usaha UKM

Digital Marketing Untuk UKM
   
   Sebagai seorang pengusaha (UKM), Anda pasti sudah mengerti bahwa dibutuhkan website yang baik untuk menarik lebih banyak pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan tetap. Karena semakin banyaknya konsumen yang mencari dan membeli kebutuhan mereka melalui jaringan internet atau belanja online, maka penting bagi Anda untuk terjun ke dalam pemasaran digital, Untuk membantu Anda menjalankan dan meningkatkan usaha Anda secara digital.

Namun, banyak para pelaku Bisnis UKM sulit berkembang atau Tidak mampu Bersaingan dalam melakukan Pemasaran Produknya.

Apa Itu Digital Marketing UKM

  Digital Marketing UKM adalah  sebuah inovasi Pemasaran terbaru di Era-Digital untuk mempromosikan sebuah merek ataupun produk dengan memanfaatkan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara luas,tepat waktu, pribadi, dan relevan. Contohnya anda mempunyai produk makanan yang biasa nya anda cuma menjual ke kedai atau grosir dengan menggunakan digital merketing anda daapat menjual keluar daerah, atau bahkan luar negeri Tergantung bagai mana cara anda mengelolahnya..

Usaha kecil menengah (UKM) adalah salah satu motor penggerak perekonomian di Indonesia, Menurut data Kementerian Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah bahwa Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan ‘tulang punggung’ perekonomian di Indonesia.

Manfaat Digital Marketing UKM

Hemat Biaya

Promosi untuk produk atau jasa melalui digital marketing sudah terbukti lebih murah dibandingkkan promosi konvensional menggunakan media cetak atau media penyiaran televisi. Biasanya promosi tersebut hanya bersifat komunikasi satu arah saja, sedangkan digital marketing ada banyak medium yang bisa digunakan, seperti; email, media sosial, dan iklan banner yang bersifat komunikasi dua arah.

Realtime

Dengan digital marketing, kita dapat melihat jumlah pengunjung yang mengakses situs kita hingga grafik peningkatan jumlah pelanggan atau calon pelanggan. Digital marketing juga memungkinkan kita untuk menerapkan campaign atau iklan dengan cepat.

jadi tidak perlu menunggu berminggu-minggu untuk approval dan melihat bagaimana perkembangan bisnis yang sedang dijalankan. Keuntungan lain yang bisa didapatkan dari digital marketing adalah hasil analisa sementara iklan yang dapat diakses sekitar 24 jam sebelumnya, sehingga memungkinkan kita dalam melakukan penyesuaian atau adjustment iklan tersebut untuk hasil yang lebih baik.

Mudah Menarik Konsumen

Dengan digital marketing, strategi yang kita rencanakan dapat dengan mudah menarik perhatian konsumen untuk mengetahui lebih jelas produk yang sedang dipromosikan. Tanpa batasan ruang dan waktu, selama orang bisa mengakses internet, produk kita akan mudah ditemui melalui berbagai media sosial yang saat ini banyak digunakan.

Membangun Hubungan yang Lebih Menarik

Dengan strategi digital marketing, kita dapat lebih berinteraksi secara dunia maya dengan customer yang langsung dengan cepat merespon permintaan customer dalam percakapan dan menjangkau pelanggan yang potensial. Karena begitu banyak potensi untuk mencapai hasil yang lebih besar dan segmen customer yang lebih tertarget.


Mudah Menentukan Target Pasar

Suatu pasar terdiri dari begitu banyak konsumen dan konsumen tersebut begitu beragam dan berbeda-beda dalam banyak hal. Mereka mempunyai perbedaan dalam hal kebutuhan, daya beli, lokasi geografis, kebiasaan membeli dan karakteristik pembelian. Semua hal/variabel tersebut dapat digunakan untuk men-segmentasi pasar. 

Customer atau konsumen yang sesuai dengan segmentasi produk atau jasa kita tentu lebih potensial daripada yang tidak. Dengan strategi melalui digital marketing, kita dapat menentukan target pasar secara terukur dengan memilih website atau akun sosial media yang berhubungan dengan parameter kita.

Tips Digital Marketing Untuk UKM

Tips Digital Marketing Untuk UKM

Untuk membantu Anda menjalankan dan meningkatkan usaha Anda secara digital, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan :

1. Beriklan di Media Sosial dan Mesin Pencari

Ketika beriklan di media sosial seperti Facebook atau Instagram, pastikan rancangan iklan Anda dengan sebaik mungkin. Anda harus memiliki target pelanggan sesuai dengan kota atau komunitas dimana lokasi usaha Anda berada selain dari website. Pasalnya mereka adalah orang-orang yang paling relevan dan penting bagi usaha Anda.

Anda harus menggunakan kata kunci yang relevan termasuk alamat fisik usaha Anda. Periksa dan pelajari hasil iklan untuk melihat kata kunci mana yang bisa meningkatkan usaha Anda.

Salah satu media sosial yang dinilai memiliki nilai baik untuk pemasaran digital adalah Facebook. Pasalnya, sejak dinobatkan sebagai media sosial paling populer, algoritma Facebook menarik lebih banyak pelanggan yang Anda butuhkan dalam beriklan.

Biaya pemasangan iklan pada Facebook dapat dibilang cukup terjangkau. Selain itu Facebook juga menawarkan petunjuk untuk membantu Anda dalam membuat iklan yang efektif dengan tujuan menjangkau pelanggan Anda.

Ditambah lagi, terdapat alat analisa yang diberikan secara gratis oleh Facebook untuk melacak hasil iklan yang Anda pasang dan menyempurnakannya untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

2. Pilih Landing Page yang Relevan

Ketika konsumen menemukan iklan Anda dan mengklik, maka Anda ingin agar mereka ‘dibawa’ ke halaman website Anda untuk menyediakan apa yang mereka cari. Faktor pentingnya adalah Anda harus memiliki landing page yang baik.

3. Pastikan Website Anda Selalu Up To Date

Misalnya saja Anda sudah melakukan usaha-usaha yang diperlukan untuk membuat usaha Anda bisa menjangkau target pelanggan. Namun, apakah ketika mereka mengklik iklan Anda maka mereka akan tertarik untuk terus membeli produk/jasa yang Anda tawarkan ?

Anda harus menjadikan usaha dan website Anda terus berjalan mengikuti tren yang ada. Posting konten-konten yang relevan dan sesuai dengan minat pasar secara regular untuk meningkatkan hasil peringkat di mesin pencari.

Selain itu, pastikan website Anda memiliki desain responsif dan bisa beroperasi secara optimal pada perangkat mobile sehingga pelanggan bisa secara bebas bisa melakukan transaksi menggunakan perangkat apapun.

4. Menghasilkan Backlink

Backlink yang berkualitas tinggi dapat membantu Anda untuk menempati peringkat tinggi pada hasil mesin pencari dan meningkatkan kredibilitas usaha Anda di mata pelanggan.

Cara untuk mendapatkan backlink dari (misalnya) bloggers dan orang-orang yang berpengaruh (influencer) adalah dengan menciptakan infografik yang menarik mengenai usaha Anda. Gunakan mesin atau alat pencari seperti Google Trends dan Google AutoComplete untuk memudahkan pekerjaan Anda.

Tulis semua poin yang ingin dibahas dalam infografik kemudian sewa profesional untuk mengerjakannya. Setelah itu, Anda bisa mengirimkannya ke website berita, blog dan orang-orang yang berpengaruh. Jika mereka memutuskan untuk membahas infografik tersebut, maka Anda akan mendapatkan banyak pelanggan ataupun pengunjung yang membuka website Anda.

5. Lacak Kemajuan Anda

Analisis keseluruhan upaya pemasaran digital Anda. Cari tahu strategi yang bisa meningkatkan usaha Anda sehingga memberikan pengembalian investasi yang Anda targetkan.

6. Website Anda Harus Mobile-Friendly

Sekitar 71% pengguna internet mengakses dari perangkat mobile atau ponsel mereka, dimana para pengguna mengabiskan rata-rata 86 menit dalam sehari mengakses internet melalui perangkat mobil. Google pun meluncurkan sebuah algoritma baru untuk memberikan peringkat tinggi kepada website yang mobile-friendly.

Pastikan website Anda mobile-friendly dan cara terbaiknya adalah dengan menggunakan desain responsfif yang menjamin bahwa website Anda merespon perangkat apapun dengan baik.

7. Pencarian Lokal Adalah Kunci Kesuksesan Bisnis Lokal

Google mengatakan, pencarian terbanyak dilakukan oleh pengguna internet melalui perangkat mobile daripada dekstop. Karena pencarian banyak dilakukan untuk menemukan bisnis atau usaha lokal, maka hasil pencarian Google sekarang dioptimalkan untuk pencarian lokal.

Local search engine optimization (LSEO) atau optimasi mesin pencari lokal adalah hal yang mudah. Anda bisa memulainya dengan mencantumkan alamat usaha Anda pada direktori pencarian lokal. Kemudian pastikan bahwa nama, alamat dan nomor telepon informasi usaha Anda terdaftar dengan cara yang sama pada daftar Google My Business, pada website Anda dan direktori pencarian lokal lainnya.

8. Penggunaan Email Untuk Pemasaran

Email tetap menjadi alat pemasaran digital yang paling efektif untuk usaha kecil. Mengingat penggunaan email sekarang diterapkan pada perangkat mobile, maka email Anda juga harus mobile-friendly.

Jaga isi email Anda secukupnya, lengkapi dengan tampilan yang baik untuk dekstop, desain email Anda dalam format dengan satu kolom dan gunakan banyak area putih atau kosong untuk menempatkan tombol/link dalam email.

9. Penggunaan Video Online

Video online adalah salah satu area dengan pertumbuhan yang cepat dalam pemasaran digital. Enam dari 10 marketer menggunakan video online untuk memasarkan usaha mereka dan diperkirakan akan lebih banyak lagi pihak yang akan melakukan hal tersebut.

Buat video yang menunjukkan pelanggan bagaimana cara untuk melakukan sesuatu, membantu memecahkan masalah, wawancara ahli industri dan lainnya. Posting video Anda pada YouTube dan website Anda.

Segera GO online sebelum ketinggalan.




Post a Comment

0 Comments